Loading...

JURI

DARBOTZ

@darbotz

Darbotz adalah seniman mural Indonesia yang sudah mendunia. Walaupun nama aslinya tidak pernah diungkap di publik, kreatifitas Darbotz sudah menyebar di tembok-tembok dan berbagai gedung di kota-kota besar se-Indonesia dan luar negeri. Beberapa karya Darbotz sudah pernah ditampilkan diberbagai pameran internasional di antaranya Singapura, Malaysia, Hong Kong, Australia dan Perancis.

Darbotz selalu menampilkan tokoh yang ia sebut Monster Ball, menjadikannya sebuah ciri khas gaya dari karya seninya, yang juga bisa dilihat dalam kolaborasinya bersama Artotel di Jakarta. Bagi Darbotz, kreatifitas bisa ditemukan di mana saja termasuk hiruk-pikuk dan keramaian kota Jakarta. Tembok-tembok dan gedung yang ia coret-coreti dan semprot dengan pylox tidak hanya meningkatkan kelas untuk kreatif, namun juga memberi keunikan dan karakter di setiap sudut kota.

MUKLAY

@muklay

Lahir dan besar di Jakarta, di mana semua orang selalu menghadapi repetisi dan rutinitas dalam hidupnya, mulai dari sikap, situasi, dan aktivitas yang sama sampai akhir hayat, membuat gw merasakan hal yang sama. Tapi dengan aktif membuat karya seni, selalu membuat hidup gw lebih terarah. Situasi sosial antara dunia nyata dan virtual, beberapa hal aneh sering terjadi dalam hidup gw, dan keanehan yang terjadi di dunia monoton ini lah yang kemudian menjadi inspirasi gw dalam membuat karya seni.

Gw punya ketertarikan dengan sesuatu yang aneh dan sesuatu yang berpola, sama seperti gw tertarik dengan dunia virtual yang selalu mengulang di setiap detik hidup gw. Buat gw hidup di dunia virtual itu seperti kita menjadi dewa yang bisa melihat kehidupan setiap orang, sehingga apa pun yang terjadi di media sosial akan berpengaruh terhadap dunia nyata.

MARCHELLA

@marchellafp

Setelah melahirkan buku best seller 'Generasi 90an' di tahun 2012, dan 'Generasi 90an : Anak Kemarin Sore' pada tahun 2015. Marchella FP kembali melahirkan buku terbarunya di akhir tahun 2018. Buku yang berjudul 'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini' tersebut, telah terjual sebanyak 100.000 eksemplar dalam kurun waktu kurang dari 5 bulan setelah di launching ke pasaran. Buku yang lebih dikenal di masyarakat melalui media instagram @NKCTHI ini, telah memiliki 1.000.000 follower di Instagram. Saat ini NKCTHI juga sedang diolah untuk menjadi aplikasi, dan segera akan diangkat ke layar lebar.

Latar belakang Marchella FP sebagai lulusan Design Graphic, dapat terlihat di semua karyanya yang didominasi oleh tampilan visual, menurutnya sebagai seorang Designer Graphic, Tampilan visual yang ia tampilkan di buku-bukunya, merupakan solusi dan penterjemahan dari buah pikirnya. Meski lebih dikenal sebagai penghasil buku-buku best seller, Marchela FP juga memiliki dan menjalankan sebuah perusahaan yang bernama PT Kebahagiaan Itu Sederhana, perusahaan yang bergerak di bidang kreatif itu membawahi beberapa kegiatan usaha yang termasuk di dalamnya 'Proud To Post It', 'Generasi90an' dan 'Ni Studio'.

HAIKAL

@wastanahaikal

Nama saya Wastana Haikal. Lulus dari DKV ITB tahun 2016 langsung memutuskan untuk menjadi freelance ilustrator hingga sekarang menjadi fulltime ilustrator dan animator. Projek ilustrasi banyak mengerjakan buku anak, selain itu ilustrasi untuk packaging, mural, cover novel, dan media lainnya. Untuk bidang ilustrasi saya pernah bekerja sama dengan Khiel's, Nylon Magazine Indonesia, Utterly Me Magazine, Ilustrasi untuk tangki PDAM Kota Bandung, Desain Mural untuk co-working space Ruang & Tempo milik Tempo, dan Ilustrasi untuk buku anak karya Diana Rikasari. Di bidang ilustrasi buku anak pernah bekerja sama dengan penerbit Mizan, BIP, Puspa Swara, Rak Buku, Litara, Falcon. dan Pastel. Untuk animasi bekerja sama dengan pertamina, J&T Express, BEKRAF, Ultra Mimi, dan Indonesia Trend Forecasting.

Selain mengerjakan projek dari luar, saya sering kali membuat projek pribadi dengan konten-konten yang saya buat sendiri. Ada concept art, desain karakter, cerita pendek, animasi pendek ataupun animasi fanart dari music video. Tema yang biasa saya angkat ke dalam karya-karya saya mengandung unsur narasi visual dan unsur kebudayaan indonesia. Karya yang saya buat banyak tmengambil dari tema tropical dan kultural dekoratif karena saya sangat senang bermain dengan warna yang cerah dan motif-motif yang extravagant. Konten-konten tersebut sebagan besar dipublikasikan di instagram yang akhirnya menjadi platform utama saya dalam berkarya.